Friday, November 26, 2010

Sudah Kenal dengan Niklaus Wirth

Tokoh IT – Niklaus Wirth

 
i
 
Rate This
Quantcast

Niklaus Wirth
Niklaus Wirth
Niklaus Wirth adalah tokoh IT idola saya dibidang bahasa pemrograman dan rekayasa perangkat lunak. Beliau adalah ilmuwan komputer berasal dari Swiss. Niklaus Wirth  sangat terkenal sebagai perncang bahasa pemrograman,terutama bahasa Pascal. Beliau juga terkenal sebagai perintis beberapa topik klasik dibidang rekayasa perangkat lunak. Pada tahun 1984 Wirth memenangkan Turing Award untuk pengembangan bahasa komputer inovatif.

Biografi Niklaus Wirth

Beliau terlahir dengan nama lengkap Niklaus Emil Wirth di Winterthur, Swiss, pada tanggal 1 Februari 1934.  Pada tahun 1959 Wirth memperoleh gelar di bidang Teknik Elektronika dari Swiss Federal Institute of Technology Zürich (ETH Zurich). Selanjutnya, Pada tahun 1960 beliau menerima gelar M.Sc. dari Université Laval, Kanada. Dan akhirnya pada 1963 ia dianugerahi Ph.D.in EECS dari University of California, Berkeley, dengan supervisi pionir perancang komputer Harry Huskey.

Karir Niklaus Wirth

Niklaus Wirth, 1969 - Image courtesy of Robert M. McClure
Niklaus Wirth, 1969 - Image: Courtesy of Robert M. McClure
Mulai tahun 1963 hingga tahun 1967 beliau menjabat sebagai asisten profesor Ilmu Komputer di Stanford University dan  University of Zurich. Kemudian pada 1968 Wirth menjadi Profesor Informatika di ETH Zurich, mengambdi dua tahun di Xerox PARC di California (1976 – 1977 dan 1984 – 1985). Wirth pensiun tahun 1999.

Bahasa Pemrograman yang dikembangkan Niklaus Wirth

Wirth menjadi kepala desainer bahasa pemrograman Algol W, Pascal, Modula, Modula-2, dan Oberon. Beliau juga adalah bagian utama atas tim desain dan implementasi untuk sistem operasi Lilith dan Oberon, dan untuk sistem simulasi dan desain hardware digital Lola. Beliau menerima Association for Computing Machinery (ACM) Turing Award atas pengembangan bahasa-bahasa ini.

Publikasi Niklaus Wirth

Artikelnya Program Development by Stepwise Refinement dianggap menjadi teks klasik dalam rekayasa perangkat lunak. Beliau menulis Algoritma + Struktur Data = Program, yang mendapatkan pengakuan secara luas dan masih berguna sampai hari ini.

Kutipan Niklaus Wirth

Niklaus Wirth - Pensiun
Niklaus Wirth - Pensiun
“Orang Eropa cenderung mengeja namaku dengan benar, seperti Nih-klaus Virt, sementara orang Amerika biasanya memecahnya menjadi seperti Nickles Worth. Itu yang menyebabkan gurauan bahwa orang Eropa memanggilku dengan nama, sementara orang Amerika memanggilku dengan nilai.
In our profession, precision and perfection are not a dispensable luxury, but a simple necessity.”
Reliable and transparent programs are usually not in the interest of the designer.

0 comments:

Post a Comment